Ahlan wa sahlan


Alhamdulillah, Akhirnya bisa bikin blog yang sesuai hati, susah juga ketemu temanya.

Semoga saya bisa menuangkan banyak hal yang positif disini. Dan kepada sesama blogger dan juga siapa saja yang berkunjung ke blog saya ini, saya ucapkan, “Ahlan wa sahlan”. Artinya kurang lebih: “Silakan, nggak usah sungkan-sungkan”.

ahlan wa sah lan artinya Selamat Datang.

Ahlan asal kata dari Ahlun = Keluarga
Sahlan asal kata dari Sahlun = Mudah

Jadi orang yg mengucapkan kalimat itu menganggap bahwa tamunya seperti bagian dari keluarganya, dengan demikian, untuk urusan apapun akan dimudahkan. Ini penjabarannya dari kalimat Selamat Datang, sehingga Ahlan wa sahlan memiliki makna yg lebih dalam lagi dari sekedar mengucapkan selamat datang.

Terdiri dari tiga buah kata. Satu kata benda ahlandari kata ahlun artinya keluarga, satu buah konjungsi  wa, dan satu buah kata sifat sahlan’ dari kata sahlunyang bermakna ‘mudah’. secara umum digunakan sebagai padanan bahasa arab untuk mengungkapkan welcome.

Sehingga secara harfiah dapat diartikan sebagi “anda diterima dengan mudah sebagai keluarga kami”. Frase original dari ahlan wa sahlan antara lain halalta ahlan wa nazalta sahlan, atauji’ta ahlan wa wati’ta sahlan, atau atayta ahlan wa halalta sahlan, atau ada juga yang berpendapat qadimta ahlan wa wata’ta sahlan.  Meskipun Kata ahlan wa sahlan sangat bervariasi, intinya sebagai pengungkapan : “anda berada di antara keluarga anda” atau seperti kita mengatakan “anggaplah di rumah sendiri”. Ini adalah semacam ungkapan friendliness.

Kemudian tentang“ahlan biik”, penggunaannya ditempatkan sebagai jawaban dari kalimat “ahlan wa sahlan” artinya lebih dekat dengan ‘with you’, bahasa indonesianya apa yah? ada yang tahu? Apa sepadan maknanya dengan “begitu pula dengan anda”?

source

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s